UNTUK ORANG-ORANG YANG MENYIA-NYIAKAN POHON KURMA



Assalamualaikum, semakin mendekati perpisahan dengan Ramadan membawa rasa sedih bagi umat muslim karena tidak ada yang bisa menjamin kehadiran kita di Ramadan tahun depan.

Aku menemukan sebuah buku usang di rak tinggi tempat aku menyimpan Al-Qur’an. Buku dengan sampul yang dulunya putih kini menguning kecokelatan pun dengan kertas-kertas bertinta hitam yang penuh kisah inspiratif di dalamnya.

Ada rasa cekit ketika aku membaca judulnya “Memesan Kamar di Surga.”

Rasa cekit itu makin kuat terasa kala aku membuka lembaran demi lembaran dan menemukan sebuah kisah tentang orang yang menyia-nyiakan pohon kurma.

Dikisahkan bahwa Ibnul Jauzi menjelaskan dalam satu kumpulan wasiatnya, Risalah Ila Waladi, yang menjadi salah satu nasehatnya kepada anaknya yang bernama Abu Qasim Badaruddin.

Ketahuilah, bahwa hari-hari itu hanya sekumpulan detil, beberapa detik hanya sekumpulan hembusan napas, dan setiap hembusan napas adalah harta yang sangat berharga. Kelak di hari kiamat engkau akan melihat perbendaharaanmu kosong dan engkau menyesal.

Disebutkan dalam sebuah hadis: “Barangsiapa membaca Subhanallah al-‘Azim wa bihamdih, niscaya akan ditanamkan untuknya sebuah pohon kurma di dalam surga.”23

Dari kisah ini kita bisa berpikir, sungguh akan ada banyak pohon kurma disurga yang kita lewatkan jika kita  menyia-nyiakan waktu tanpa mengingat Allah SWT.

Begitu pula jika kita menyia-nyiakan umur dan kesempatan yang Allah berikan di bulan Ramadan, sungguh kita akan jadi orang yang merugi besar.

Karena itu, mari sama-sama memaksimalkan waktu dan ibadah kita di Ramadan tahun ini. Dan tak lepas pula selalu mengharap akan kesempatan hadir di bulan Ramadan tahun depan. Sudah pasti kita tidak akan terlepas dari dosa dan dengan adanya Ramadan kita berkesempatan memperbaikinya.

Mahasuci Allah Yang Maha Agung dan segala puji bagi-Nya.

Sumber kisah: Memesan Kamar di Surga oleh Dr. Khalid Abu Syadi

#Day24
#BianglalaHijrah
#OneDayOnePost30HRDC
#WritingChallenge30HRDC
#30HariRamadhanDalamCerita

Comments

Popular posts from this blog

REMPEYEK KACANG ATAU TERI?

DITELEPON 188? NOMOR APAAN TUH? YUK CARI TAHU!

IKLAN BERHADIAH DARI INDO-OFFERS, PENIPUAN ATAU BETULAN?