REMPEYEK KACANG ATAU TERI?

REMPEYEK KACANG ATAU TERI?


Assalamualaikum, setelah membawa resep rempeyek kemarin, nah kali ini aku ingin cerita tentang rempeyek kacang dan teri yang punya fans sendiri-sendiri di keluargaku.

Aku sendiri memang lebih menyukai rempeyek teri karena lebih gurih, tapi bukan berarti tidak suka sama sekali rempeyek kacang. Kalau ada, ya tetap aku makan. Tapi hidup ini kan penuh dengan pilihan dan kita harus memilih salah satu.

Mamak sebagai koki yang membuat rempeyek, favoritnya adalah rempeyek kacang, jadi Mamak lebih banyak membuat rempeyek kacang dibandingkan rempeyek teri. Andai saja saat itu aku sedang libur pasti aku akan buat lebih banyak rempeyek teri.

Sama halnya dengan aku, Bapak juga lebih suka rempeyek teri, begitu pula dengan dua ponakanku yang tinggal di Guntung. Gak tau deh kalau 3 ponakanku yang akan mudik nanti ke rumah, entah mereka lebih suka yang mana.

Selain membuat rempeyek beda rasa, kedua bahan makanan ini juga memiliki kandungan yang berbeda, yuk simak penjelasannya.

Beda Kandungan Teri dan Kacang

Dikutip dari Semuaikan.com, Ikan Teri memiliki kadar kalsium yang tinggi sehingga dapat menjadi alternatif pengganti telur, susu dan daging. Namun, meskipun begitu kalsium dari ikan teri tidak mudah diserap oleh tubuh.

Ikan teri memiliki tubuh yang kecil, sehingga dapat dikonsumsi sekaligus dengan tulangnya. Tulang ikan teri mengandung banyak fosfor yang berguna untuk kesehatan gigi dan tulang.

Dengan demikian, ikan teri juga baik dikonsumsi oleh ibu hamil karena kandungan fosfornya dibutuhkan bagi tumbuh kembang janin, selain itu dapar mempercepat tumbuhnya gigi susu pada anak-anak.

Berikut tabel kandungan gizi ikan teri:

REMPEYEK KACANG ATAU TERI?


Sedangkan kacang tanah, jika dilansir dari Cybex.pertanian.go.id, kacang tanah bermanfaat membantu meningkatkan kesuburan, membantu mengendalikan gula darah, mencegah batu empedu, mengurangi depresi, menyehatkan otak, membantu menaikkan tingkat kolestrol rendah, dan menurunkan penyakit jantung.

Kacang tanah tanpa selaput mengandung energi sebesar 452 kalori, protein 25,3 gram, karbohidrat 21,1 gram, lemak 42,8 gram, kalsium 58 gram, fosfor 335 gram, dan zat besi 1,3 miligram.

Selain itu di dalam kacang tanah juga terdapat vitamin B 1 0,3 gram, vitamin C 3 gramdan air 4 gram.  Kandungan gizi tersebut yang terdapat setiap 100 gram biji kacang tanah.

Nah, dari penjelesan tersebut kita dapat mengetahui bahwa keduanya memiliki kandungan gizi yang baik untuk kesehatan tubuh, jadi tidak ada masalah jika memilih salah satu atau bahkan menyukai keduanya.

#Day23
#BianglalaHijrah
#OneDayOnePost30HRDC
#WritingChallenge30HRDC
#30HariRamadhanDalamCerita



Comments

Popular posts from this blog

IKLAN BERHADIAH DARI INDO-OFFERS, PENIPUAN ATAU BETULAN?

DITELEPON 188? NOMOR APAAN TUH? YUK CARI TAHU!