15 SITUS PENYEDIA GAMBAR GRATIS TERBAIK UNTUK BLOG DAN WEBSITE



Sebuah blog akan terlihat lebih menarik dengan adanya thumbnail. Nah, kadang seorang blogger masih bingung bagaimana menemukan foto atau gambar yang cocok untuk thumbnail blog mereka. Terlebih saat mencari foto/gambar di mesin pencari seperti Google biasanya akan ditemukan foto yang memiliki hak cipta atau memiliki water mark sehingga tidak bisa sembarangan digunakan, apalagi untuk tujuan komersil.

Tapi sekarang tidak perlu bingung lagi karena sudah ada ratusan situs penyedia gambar gratis yang dengan mudah diunduh tanpa harus khawatir terkendala copyright. Free image atau CC0 (Creative Common 0) atau bebas hak cipta dapat kamu temukan dalam situs-situs berikut ini:

Pexels

pexels

Pexels memiliki koleksi ratusan foto CC0 Lebih dari 70 foto baru ditambahkan setiap minggu dan semuanya bebas hak cipta. Foto yang tersedia juga HD jadi pas sekali untuk digunakan sebagai thumbnail di blog atau website.

Pixabay

pixabay

Pixabay menyediakan hingga lebih 1 juta foto yang bebas hak cipta dan bisa digunakan untuk keperluan blog atau website dan komersil. Bahkan Pixabay juga memiliki aplikasi yang bisa digunakan di IOS dan android.

Unspalsh

unsplash

Unsplash adalah sebuah situs penyedia foto gratis dengan kualitas tinggi, gambar yang artsy dan cocok digunakan untuk apapun, entah itu thumbnail postingan blog, website atau diedit untuk komersil. Jika kamu subscribe dengan memasukkan email, kamu akan dapat 10 foto setiap 10 harinya.

Flickr

flickr

Flickr adalah situs yang paling banyak diketahui sebagai tempat mencari foto gratis berlisensi CC0 karena reputasinya yang baik selama bertahun-tahun. Dengan persediaan jutaan foto, kamu bisa menemukan apapun yang sesuai dengan blog atau website-mu. Namun gambar di flickr tidak semuanya free, jadi pastikan kamu membaca dengan teliti keterangan yang ada di foto.

Free Images

freeimages

Seperti namanya, situs ini sudah jelas menyediakan foto yang bebas hak cipta dan gratis yang sesuai dengan projek apapun yang sedang kamu kerjakan. Kebanyakan foto yang tersedia di situs ini terpisah sesuai dengan kategorinya sehingga dengan mudah dapat dicari di search bar. Namun, meski gratis kamu tetap harus memberikan credit kepada author jika ingin mengedit untuk tujuan audio/visual.

Foter

foter

Situs Foter memiliki akses hingga 335 juta stok foto di database-nya. 220 juta dari foto tersebut berlisensi CC0. Kamu bisa mencari foto/gambar apapun sesuai dengan kata kunci yang dimasukkan di search bar atau dapat juga memilih kategori yang disediakan.

Magdeleine

magdeleine

Situs ini memiliki koleksi foto dengan kualitas tinggi yang bisa digunakan untuk keperluan blog atau website. Magdeleine ini seperti pameran dari seorang fotografer/seniman terkenal karena foto yang ada di situs ini adalah foto yang dipilih dari sekian banyak foto yang masuk dan hanya yang terbaik yang ditempatkan di Magdeleine.

Iso Republic

isorepublic

Iso republic menawarkan foto HD gratis yang bisa digunakan untuk apapun termasuk kebutuhan blogger dan marketer. Foto yang tersedia memiliki warna yang semarak dan eye catching sehingga tidak hanya cocok sebagai thumbnail namun dapat juga digunakan untuk mempercantik feed di Instagram. Tom Eversley adalah seorang desainer dan fotografer asal Inggris yang ada dibalik terciptanya situs ini.

Gratisography

gratisography

Gratisography adalah situs yang dibuat oleh fotografer Ryan McGuire yang digunakan untuk mendistribusikan karyanya yang bebas lisensi. Foto yang tersedia di situs ini memiliki tampilan yang menarik dengan kualitas tinggi yang dapat membuat blog atau website jadi lebih menarik juga. Btw namanya kok ada rasa Indonesia-nya ya?

RGB Stock

rgbstock

RGB Stock memiliki lebih dari 100.000 foto yang bebas hak cipta. Kamu bisa mencari foto yang kamu inginkan dengan kata kunci yang umum. Jika kamu membuat akun di situs ini, kamu bisa membuat galeri sendiri untuk toko online kamu.

Stock Snap

stocksnap

Stock Snap menyedikan koleksi foto dengan resolusi tinggi yang tidak akan terkendala copyright. Kamu bisa mencari foto apapun sesuai dengan kata kunci yang kamu masukkan ke search bar. Di situs ini juga disediakan Trending Page, dimana kamu bisa melihat foto terbaru yang paling sering dicari. Situs ini dibuat oleh Snappa yang juga membuat editor grafis online.

Picography

picography

Picography menyediakan ratusan foto dengan angle yang unik tiap harinya. Foto yang ada di situs ini tidak hanya dapat digunakan untuk keperluan blog atau website tapi juga bisa untuk keperluan komersil.

Stock Vault

stockvault

Stock Vault menyediakan lebih dari 35000 foto yang bebas hak cipta dari para seniman dan fotografer yang ada dalam komunitas mereka. Situs ini menyediakan foto yang imajinatif sehingga bisa cocok untuk blog atau website dengan tema arty.

Life of Pix

life of pix

Life of Pix adalah situs penyedia foto bebas hak cipta yang sangat simple dan user friendly, sehingga sangat mudah mencari foto CC0 di sini.

New Old Stock

new old stock

New Old Stock menyediakan foto-foto antic (kebanyakan hitam putih) yang berlisensi CC0. Mayoritas foto yang ada di situs ini biasanya digunakan oleh agen pemerintah. Jika kamu membutuhkan foto dengan tema vintage untuk blog atau website-mu, kamu bisa menemukannya di situs ini.

Itu dia 15 situs penyedia gambar gratis terbaik untuk blog dan website. Situs yang paling sering aku gunakan adalah Pixabay dan Pexels karena nama situsnya lebih mudah diingat.

Sebenarnya cukup dengan dua situs ini aku bisa menemukan foto yang aku butuhkan untuk blog, namun tidak ada salahnya mencari situs yang lain agar aku punya perbendaharaan foto CC0 yang lebih banyak.

Semoga tulisanku bermanfaat.

#Day10
#BianglalaHijrah
#OneDayOnePost30HRDC
#WritingChallenge30HRDC
#30HariRamadhanDalamCerita


Comments

  1. nggak tau sih pakai pixabay terbiasa pakai shutterstock meski ada watermarknya karena cuma buat ilustrasi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kadang suka gak enak kalau ada watermarknya mbak

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

REMPEYEK KACANG ATAU TERI?

DITELEPON 188? NOMOR APAAN TUH? YUK CARI TAHU!

IKLAN BERHADIAH DARI INDO-OFFERS, PENIPUAN ATAU BETULAN?