SPOILER DAN SEBAR REKAMAN CUPLIKAN FILM DI BIOSKOP BISA DIPENJARA?


Assalamualaikum bebs & bros, sudah lama aku absen ya dan Alhamdulillah hari ini bisa bertemu kalian lagi.

Pas banget nih momennya, karena besok tanggal 26 April akan ada premier Avengers: End Game. Jadi, hari ini aku akan membahas tentang tindakan spoiler dan menyebarluaskan cuplikan film yang direkam di bioskop.

Pernah lihat teman kamu yang merekam cuplikan film terbaru di bioskop lalu diupload ke instastory biar eksis? atau kamu sendiri pernah melakukannya?

Entah itu tujuannya untuk komersil atau sekedar pamer di IGStory, Facebook, WhatsApp Status dan berbagai sosial media lainnya, ternyata tindakan tersebut dapat melanggar undang-undang lho!

Itu sebabnya saat di bioskop, kita selalu diingatkan untuk mematikan handphone sebelum film dimulai, tujuannya untuk mencegah segala bentuk pengambilan gambar yang illegal.

Merekam cuplikan film baik sebagian (beberapa detik saja) apalagi dengan durasi lengkap yang kemudian disebarluaskan dapat dikatakan sebagai tindakan pembajakan. Dimana pembajakan berarti mengambil hasil karya ciptaan orang lain tanpa sepengetahuan dan izin si pemilik karya, dalam hal ini adalah Sutradara, Produser dan semua pihak yang terlibat dalam pembuatan film tersebut serta pihak bioskop.

Tindakan pembajakan lebih tepatnya melanggar dua undang-undang, yaitu UU No. 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta dan UU No. 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE). Ancaman hukumannya pun tak main-main, yaitu 10 tahun penjara dan atau denda hingga Rp. 4 Miliar.

Duh, ngeri ya.. Jangan sampai cuma gara-gara mau pamer dan eksis di sosmed kita tersandung tindakan melanggar hukum.

Dilansir dari Liputan6.com, hal ini pun selaras dengan fakta yang disampaikan oleh Supriyatno, Manajer Operasional XXI. Berdasarkan temuan pihaknya, dari 20 kasus tindakan semacam ini, 12 oknum mengaku baru perdana menonton film di bioskop dan tindakan pengambilan gambar yang mereka lakukan hanya sebagai ajang pamer tanpa ada motif komersil.


Tidak hanya orang biasa yang awam dengan hal ini, ternyata seleb-seleb Indonesia juga ada yang melakukan tindakan yang sama tanpa tahu tindakan mereka melanggar undang-undang, hingga mereka menuai kritikan netizen dan akhirnya terpaksa harus menghapus postingan mereka. Nama-namanya bisa kalian search sendiri ya…

Semakin banyak yang melakukan tindakan ini menunjukkan masih banyak teman-teman di luar sana yang tidak tahu akan ancaman yang menanti. Oleh sebab itu, para penggiat film sedang giat-giatnya memberitahu dan memperingatkan akan bahayanya budaya pamer dengan menyebarluaskan cuplikan film di bioskop.

Salah satunya seperti yang disampaikan Sutradara film Pengabdi Setan dan Gundala (yang sebentar lagi akan tayang), Joko Anwar melalui Twitter.

Merekam film di bioskop dengan ponsel untuk IG Story, BigoLive, Facebook Live, dan lain-lain, adalah tindakan pidana, guys. Jangan ya," tulisnya pada 15 September 2017.



Nah, merekam cuplikan film lalu menyebarluaskannya udah jelas kan ancaman hukumannya.
Gimana dengan spoiler?

Gini deh, misalnya  kamu sangat penasaran dengan sebuah film yang udah kamu tunggu lama banget penayangannya, lalu tiba-tiba ada teman kamu yang sudah nonton duluan dengan seenaknya dia buat spoiler entah itu langsung atau status di sosmednya tanpa warning dan kamu ngebaca atau ngeliat sampai tergambar di otak kamu gimana endingnya. Pasti kesel banget kan.

Saat kamu akhirnya bisa nonton, malah jadi gak seru lagi karena ending-nya gak surprise. Itu yang aku rasakan saat Avengers: Infinity War.

Makanya kali ini, plis kawan, teman, sahabat, keluarga, semua yang akan nonton Avengers: End Game besok (dan film lainnya) JANGAN SPOILER!



Kasian teman-teman yang belum bisa nonton premier-nya, termasuk aku… Hiks…

Kalau masih ingin pamer juga, kamu bisa foto tiket atau boomerang tiket filmya, atau kalau masih ingin menampilkan dirimu beneran di bioskop boleh deh rekam muka kamu aja tanpa suara baru dipost di instastory.

Tapi saran aku gak usah deh, biar kamu aja yang menikmati filmya, masa kamu bayar tiket buat nonton film, terus follower kamu dapat tontonan gratis lewat instastory, kan rugi di kamu.

Oke, itu aja untuk hari ini. Terima kasih atas kunjungannya, semoga bermanfaat dan kalian bisa tercerahkan dengan info yang menurutku penting ini.

Semoga hari-hari kalian selalu Wah…
Salam.

Comments

  1. yup betul sudah banyak kasus selebriti yg di protes gara2 instastory mereka pas lagi nonton film di bioskop. Entah ya saya bolak balik nonton bioskop kok gak pernah kepikiran buat kayak begitu karena udah menikmati filmnya banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, bener banget, kadang suka greget juga kalau ada temen yang update instastory isinya film di bioskop, pas dikasih tau, diyain aja terus besoknya diulangin lagi... duhh

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

REMPEYEK KACANG ATAU TERI?

DITELEPON 188? NOMOR APAAN TUH? YUK CARI TAHU!

IKLAN BERHADIAH DARI INDO-OFFERS, PENIPUAN ATAU BETULAN?