KEAJAIBAN WORTEL UNTUK KESEHATAN MATA

cr: Wanelo


Assalamualaikum bebs & bros.

Sepertinya kita sudah gak asing lagi dengan sayur yang identik dengan warna oranye ini, ya. Tapi sebenarnya wortel tidak hanya berwarna oranye, ada pula wortel berwarna ungu, putih, kuning dan merah.

Di artikel sebelumnya, aku pernah membahas tentang mataku yang terkena hipermetropi atau plus, dimana mata sebelah kanan hampir mencapai +3 dan harus dijulingkan untuk melihat sesuatu lebih jelas jika tidak menggunakan kaca mata cembung. Namun sekarang tidak lagi karena aku sering mengonsumsi wortel yang cocok untuk dimasak dengan cara apapun, baik kering, berkuah atau dibuat jus bahkan bisa dikonsumsi langsung serta tidak mudah busuk sehingga cocok sekali untukku yang dulunya anak kos yang cuma sesekali belanja sayur ke pasar.

Wortel telah dikenal luas sebagai salah satu sayuran yang kaya akan vitamin A dan mampu merawat kesehatan mata, tapi tidak hanya vitamin A, di dalam wortel terdapat banyak lagi nutrisi yang baik untuk tubuh kita.

Berikut nutrisi yang terdapat di dalam wortel:


Kandungan Gizi Wortel

Menurut departemen pertanian Amerika, satu wortel berukuran sedang atau ½ cangkir wortel cincang dapat dianggap sebagai satu porsi wortel yang memiliki kandungan 25 kalori, 6 gram karbohidrat, 3 gram gula dan 1 gram protein (manfaat.co.id).

Karotenoid

cr: Wikivitamin

Beta-karoten merupakan salah satu jenis pigmen tanaman yang termasuk dalam kelompok karotenoid dan biasa disebut karotenoid pro-vitamin A. Beta-karoten ini akan dikonversi di dalam tubuh menjadi vitamin A aktif.

cr: Chemieunterricht

Vitamin A memiliki peran yang sangat besar dalam menjaga fungsi penglihatan. Menurut sebuah laporan dari Journal of American Medical Association of Opthamaology, kita perlu mendapatkan asupan vitamin A yang cukup untuk mencegah xerophthalmia (mata kering) dan rabun senja.

cr: aao.org

Untuk melihat spektrum cahaya penuh, mata harus menghasilkan pigmen tertentu untuk sel-sel fotoreseptor di retina. Ketika seseorang tidak cukup mengonsumsi vitamin A, seiring waktu, fotoreseptor di mata mulai rusak sehingga penglihatan pun akan terganggu. Proses ini dapat diperbaiki dengan mengembalikan jumlah vitamin A dalam sistem tubuh melalui konsumsi makanan sehat kaya vitamin A, seperti wortel.

cr: Pharmawiki


Wortel juga mengandung karotenoid lain, yaitu lutein dan zeaxanthin, dengan sifat antioksidan potensial. Lutein dan zeaxanthin ditemukan dalam jumlah yang relatif tinggi di mata sehingga memegang peranan penting dalam menjaga kesehatan mata.

Seiring bertambahnya usia, tingkat lutein dan zeaxanthin cenderung menurun khususnya di bagian mata yang membantu untuk memfokuskan cahaya, yaitu makula.

cr: Pinterest

Kemampuan antioksidan lutein dan zeaxanthin membantu melawan kerusakan akibat radikal bebas yang disebabkan oleh paparan sinar matahari, pola makan yang buruk dan faktor-faktor lain yang meningkatkan risiko kehilangan penglihatan terkait usia ataupun penyakit mata seperti degenerasi makula dan katarak. Pada orang yang telah mengalami kerusakan mata, menambahkan lutein dan zeaxanthin dalam diet dapat membantu mencegah terjadinya kerusakan mata yang lebih parah.

Akan tetapi, mengonsumsi wortel tidak dapat memperbaiki kerusakan atau perubahan struktural mata yang telah terjadi. Cacat optik seperti astigmatisme, kondisi seperti strabismus, dan penyakit seperti glaukoma tidak dapat diperbaiki dengan makan wortel.

Namun, mengonsumsi wortel dapat membantu mempertahankan fungsi penglihatan dan mencegah kerusakan mata berkembang lebih lanjut.

Menurut sejumlah penelitian, memasak wortel dapat membantu untuk meningkatkan kandungan nutrisinya. Wortel yang dimasak ditemukan memiliki kadar beta-karoten dan asam fenolik yang lebih tinggi daripada wortel mentah. Mengukus adalah cara terbaik agar kandungan nutrisi dalam wortel tetap terjaga (Nutrisains).

Kandungan Vitamin dan Mineral


Wortel merupakan super vegetable karena kandungan nutrisi yang beragam dan sangat bermanfaat bagi tubuh kita.

Wortel adalah makanan yang paling kaya akan vitamin A, menyediakan sekitar 210% dari kebutuhan orang dewasa per hari. Wortel juga mengandung 6% dari kebutuhan vitamin C, 2% dari kebutuhan kalsium dan 2% dari kebutuhan zat besi per porsinya (manfaat.co.id).

Vitamin A, C, dan E bekerja sama dalam menjaga sel-sel dan jaringan tetap kuat dan terlindungi dari efek peradangan. Tidak hanya dapat menurunkan risiko degenerasi makula terkait usia, kombinasi ketiga vitamin tersebut juga dapat meningkatkan penyembuhan dan penglihatan pada orang yang menjalani operasi laser mata (Nutrisains).

Selain itu, wortel juga mengandung serat, vitamin K, kalium, folat, mangan, fosfor, magnesium, dan seng yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia (manfaat.co.id).

Nah, itu dia kandungan yang ada di dalam wortel yang menjadikannya mampu menjaga mata kita tetap sehat dan penglihatan semakin membaik. Oleh sebab itu, ayo mulai sekarang lebih banyak konsumsi wortel, sayur dan buah agar senantiasa sehat dan bugar.

Terima kasih telah berkunjung ke WahDays, bebs & bros.
Semoga tulisanku tentang keajaiban wortel untuk kesehatan mata ini bisa bermanfaat bagi kalian.
Semoga hari-hari kalian selalu Wah.
Salam.


Comments

Popular posts from this blog

REMPEYEK KACANG ATAU TERI?

IKLAN BERHADIAH DARI INDO-OFFERS, PENIPUAN ATAU BETULAN?

DITELEPON 188? NOMOR APAAN TUH? YUK CARI TAHU!