AYO, KURANGI SAMPAH PLASTIK DEMI BUMI KITA!


cr: incolors.club

Assalamualaikum bebs & bros, apa kabarnya?

Semoga selalu baik dan dalam lindungan Allah SWT.

Kali ini aku ingin mengajak kalian untuk membuktikan cinta kita kepada bumi, meskipun dengan tindakan kecil seperti mengurangi sampah plastik.

Plastik sangat umum kita temui di kehidupan sehari-hari bahkan sulit untuk tidak menggunakannya sehari saja, misalnya beli sesuatu di pasar, bungkusnya plastik, beli minuman, gelas dan sedotannya plastik, beli makanan, bungkus atau piringnya plastik.

Tapi meski berguna, penggunaan plastik sebaiknya kita kurangi jika setelah menggunakannya kita buang begitu saja. Apabila dibakar, plastik justru akan menghasilkan gas beracun yang dapat menimbulkan berbagai penyakit seperti menyumbat saluran pernafasan, kanker paru-paru, dan sebagainya.

Polietilen-plastik terdiri dari bahan dasar minyak, karena bersifat sangat hidrofobis (tidak larut dalam air) dan memiliki rantai karbon yang sangat panjang sehingga sangat sulit dan lama untuk didegradasi atau diurai oleh mikroorganisme pengurai.

Pada kondisi normal, degradasi polimer ini bisa memakan waktu lebih dari 100 tahun yang diawali dengan pemecahan secara fisik (melalui fotolisis, pirolisis), kemudian diurai secara enzimatis.

Terbayangkan betapa lamanya sebuah kantong plastik kecil untuk terurai?

Semakin banyak kita membuang sampah plastik semakin menumpuk pula plastik yang mengotori lingkungan dan bumi kita. Ujung-ujungnya banjir, longsor, laut tercemar, banyak hewan laut yang mati karena memakan plastik dan banyak lagi kerugian yang bisa kita katakan bahwa manusia jugalah penyebabnya.

Selain mencemari lingkungan, kira-kira apa saja bahaya plastik bagi bumi kita tercinta ini?

Yuk, simak ulasannya di bawah ini:

Bahaya Plastik Bagi Bumi


cr: mongabay.co,id

Menumpuknya sampah plastik di lingkungan kita yang diperparah dengan tidak adanya program yang jelas untuk menangani masalah sampah plastik ini membuat kondisi lingkungan dan bumi kita semakin tidak baik.

Berikut beberapa bahaya yang ditimbulkan sampah plastik bagi bumi:

  1. Menyebabkan pencemaran tanah, air tanah, hewan serta mikroorganisme tanah.
  2. Bahan plastik yang tidak dapat terurai meskipun termakan oleh binatang maupun tanaman akan menjadi racun berantai sesuai urutan rantai makanan.
  3. Partikel-partikel plastik yang bersifat racun dan masuk ke dalam tanah akan membunuh hewan-hewan pengurai di dalam tanah seperti cacing.
  4. Kantong plastik akan mengganggu jalur air untuk teresap ke dalam tanah.
  5. Menurunkan tingkat kesuburan tanah karena plastik dapat menghalangi sirkulasi udara di dalam tanah dan ruang gerak makhluk bawah tanah yang membantu menyuburkan tanah.
  6. Kantong plastik yang sukar diurai, mempunyai umur panjang, dan ringan sehingga dapat dengan mudah diterbangkan angin hingga berakhir di laut.
  7. Hewan-hewan dapat terjebak dalam tumpukan plastik.
  8. Hewan-hewan laut seperti lumba-lumba, penyu laut, anjing laut, dan paus menganggap kantong-kantong plastik tersebut adalah makanan dan akhirnya mati karena tidak dapat mencernanya.
  9. Ketika hewan mati, kantong plastik di dalam tubuhnya tidak akan hancur dan ketika  menjadi bangkai dapat meracuni hewan lainnya.
  10. Pembuangan sampah plastik sembarangan ke sungai akan mengakibatkan pendangkalan sungai dan penyumbatan aliran sungai sehingga menyebabkan banjir.


Cara Mengurangi Sampah Plastik Dimulai dari Diri Sendiri


Sedotan kaca. cr: Tokopedia


Jika kamu sadar akan bahaya yang ditimbulkan plastik, ayo mulai sekarang kurangi penggunaan plastik dan secara otomatis akan mengurangi sampah plastik. Caranya cukup mudah kok, kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

1. Gunakan Botol Minuman Sendiri

Saat bepergian dan kemungkinan kita haus saat di perjalanan, maka bawalah botol minuman sendiri dan hindari membeli minuman botol atau bergelas plastik saat kalian sedang bepergian.

2. Gunakan Sedotan Kaca atau Logam

Kini sudah ada inovasi baru dalam dunia persedotan (bahasa apa sih? :D). Kalau biasanya kita gunakan sedotan plastik yang sekali pakai langsung buang, sekarang sudah ditemukan sedotan berbahan dasar kaca atau logam yang bisa digunakan berulang kali.

3. Jangan Buang Sampah Plastik Sembarangan

Berlibur ke pantai biasanya kita membawa makanan dan minuman sebagai bekal untuk dinimati di sana, namun yang harus diingat adalah jangan meninggalkan sampah apapun di pantai karena dapat membuatnya tercemar dan membahayakan hewan-hewan yang tinggal di pantai dan juga laut. Sudah banyak ditemukan kasus hewan laut mati karena memakan plastik.

4. Lakukan Daur Ulang

Kamu bisa coba buat kreasi dari botol-botol plastik, gelas plastik atau sedotan plastik jadi karya seni untuk hiasan di rumah atau bahkan dijual. Menarik kan?! Dari sampah jadi uang.

5. Pilih Es Krim Cone

Kamu yang suka es krim kayak aku pasti tahu dong cone atau tempat es krim yang bisa dimakan. Sebaiknya pilih es krim dengan cone dari pada es krim dengan tempat yang terbuat dari plastik, karena selain enak dimakan juga gak menimbulkan sampah plastik.

6. Gunakan Tas Belanja Berbahan Kain atau Selain Plastik

Ketika berbelanja di pasar atau di toko, sebaiknya kita membawa tas belanja sendiri dari rumah. Kita bisa menggunakan tas berbahan kain yang sering disebut tote bag atau tas lain selain plastik yang nyaman dan aman digunakan.

7. Kurangi Belanja Online

Biasanya ketika kita belanja online, barang yang dikirim akan dilapisi plastik bahkan bisa lebih dari selapis, sebaiknya kita lebih memilih membeli kebutuhan kita secara langsung di toko dan membawanya dengan tas berbahan kain.


Meskipun beberapa langkah di atas adalah tindakan yang sangat kecil dan sepele, tapi bayangkan jika ada banyak orang yang melakukannya tentu akan membantu sedikit demi sedikit mengurangi sampah plastik di lingkungan kita dan meminimalkan dampak negatif yang ditimbulkan. Selamat mencoba!

Terima kasih atas kunjungannya bebs & bros, semoga bermanfaat dan semoga hari-hari kalian selalu Wah,

Salam.



Comments

Popular posts from this blog

REMPEYEK KACANG ATAU TERI?

IKLAN BERHADIAH DARI INDO-OFFERS, PENIPUAN ATAU BETULAN?

DITELEPON 188? NOMOR APAAN TUH? YUK CARI TAHU!