TIPS MUDAH UNTUK PERSIAPAN WISUDA


Assalamu'alaikum bebs and bros...

Sebelumnya aku mau minta maaf karena telah melanggar janjiku (akan posting lagi secepatnya setelah pulang liburan--bagi yang liat status fb dan IG).

 Jujur susah sekali mengembalikan mood menulis karena keenakan libur. 

Inilah yang menyebabkan cerita pendek, novel, fanfiction atau komik yang aku upload di beberapa website gak pernah bisa aku selesaikan. Alhasil mereka semua sepi pengunjung kayak kuburan.

Aku gak mau itu terjadi pada blog ini....

So, akan aku usahakan posting sesering mungkin dan memberikan konten yang bermanfaat bagi bebs and bros sekaliaaan...

Hari ini aku mau cerita sedikit, mengenai liburanku beberapa waktu lalu. Awalnya aku kira hanya akan menghabiskan waktu di rumah saja, tapi ternyata sepupuku mengajak liburan bersama keluarganya... yeeeeyyy....

Sekalian belanja juga sih untuk keperluan wisuda yang buanyaakk...

Yang namanya wisuda (apalagi cewek bebs) pasti banyak sekali yang harus kita persiapkan, terutama penampilan. Mulai dari baju wisuda, sepatu/heels, make up, sampai jarum pentul pun kita harus pikirkan dengan detail.

Semua calon wisudawan dan wisudawati pasti ingin terlihat dengan penampilan terbaik di hari wisudanya, 'kan?

Begitu pula denganku.

Di bawah ini ada beberapa list hal-hal yang aku siapkan untuk wisuda di februari nanti.

1. Kebaya

Jauh hari sebelum pelaksanaan wisuda, aku sudah heboh cari-cari warna untuk kebaya dan seragam keluarga yang akan digunakan pada hari-H. 

Mamak orang yang kurang suka dengan warna cerah. 

Oke, warna pastel aku coret dari daftar... hiks...

Pilihannya adalah cokelat, navy, abu-abu atau ungu. Setidaknya warna-warna itu masih fine di kulit sawo matang. Oke, ceklis.

Meski mamakku adalah tukang jahit, tapi aku anaknya ini agak awam dengan dunia perjahitan. Jadi aku masih belum bisa memilih mana kain yang berkualitas baik dan mana yang kurang berkualitas (setidaknya aku bisa membedakan yang tidak berkualitas sama sekali hehehe) dan kondisi ini diperparah dengan kurangnya toko kain di Plaza Suka Ramai (Ramayana Pekanbaru) pasca kebakaran pada 2015 lalu. Toko kain yang dulunya bejibun, entah kenapa cuma tinggal 2 toko?!

Tolong kasih tau aku di komen kalau ada yang tahu mereka pindah kemana.

Ke-2 toko itu tidak menjual kain yang dideskripsikan mamak. Ada sih yang mirip, tapi mahal bebs... T_T

Aku udah pusing mutar-mutar dan kain yang dipesan mamak tidak ketemu. Saking pusingnya aku sampai masuk 3 kali ke toko yang sama untuk nanya kain yang mereka tidak punya.

Sampai kakak yang jaga tokonya bilang "Udah ke sini tadi, Kak."

Rasanya maluuuu baaangeeet huhuhu.....

Tapi, aku harus nelan rasa malu itu karena hanya toko itu punya kain yang mirip seperti apa yang mamak pesan dan harganya lumayan murah dibandingkan toko satunya. 

Setelah ketemu kain yang lumayan pas, sekarang masalah warna. Daftar warna yang aku persiapkan dari rumah tidak ada untuk kain itu. Akhirnya setelah berulang kali diskusi lewat telepon, mamak menyerahkan masalah warna padaku dan terpilihlah maroon yang juga disetujui oleh kedua kakak sepupu yang menemaniku.

Setelah kain fix, pertanyaan selanjutnya adalah model kebaya yang akan digunakan dan biaya penjahitan. 

Menurutku sih, lebih baik pilih model yang simple dan tidak bikin ribet biar bisa dipakai di acara formal lainnya. Jangan terlalu mengikuti tren karena sifatnya sementara. Jangan sampai kebaya kamu yang masih oke gak mau kamu pakai lagi karena udah ketinggalan tren.

Untuk memilih tempat jahit, sebaiknya pilih penjahit yang berpengalaman dan punya langganan tetap. Agar kita tidak terlalu sulit menjelaskan model yang kita inginkan.

Penjahit berpengalaman biasanya langsung paham jika kita menunjukkan foto model kebaya walaupun penjelasan kita tidak mendetail (macam mamakku hehehe).

Biaya jahit tergantung pada model yang kamu inginkan, jika terdiri dari setelan atas-bawah biasanya berkisar antara 100-170 ribu dan long dress berkisar antara 90-150 ribu, harganya bisa bertambah jika modelnya lebih rumit.

Jadi buat yang simpel aja ya... hehehe... 

2. Heels

Untuk heels, aku tidak merencanakan harus model yang seperti apa, asalkan nyaman, simple dan bisa dipakai di acara formal dan semi formal. 

Untuk warna aku memilih warna netral seperti hitam, putih atau krem agar bisa dipadukan dengan pakaian warna apa pun. Tapi, menurutku kita harus berhati-hati dengan warna hitam karena gak semua baju kebaya itu cocok sama heels hitam, terutama kebaya dengan warna pucat. Lebih baik warna putih atau krem atau kalau ingin lebih spesial, cari saja warna yang sama dengan kebaya kita.

Meskipun aku tidak masalah dengan model heels, tapi lebih baik kita pakai yang tertutup (bisa menutupi bentuk jari dan warna kulit kaki jika kamu kurang nyaman untuk menunjukkannya dan lebih cocok untuk yang ingin menggunakan stocking atau kaos kaki).

Tapi ini opsional sih, tergantung pilihan masing-masing.


3.  Make Up

Bicara masalah make up, hampir semua cewek menginginkan make up yang flawless dan bisa menutupi kekurangan pada wajahnya.

Kebanyakan teman-temanku yang sudah wisuda sebelumnya memilih make up yang natural dan tidak berlebihan, namun tetap terlihat mulus, cerah, sesuai dengan warna kebaya, dan tahan lama.

Bagi sebagian cewek, make up adalah masalah yang krusial pada saat wisuda, karena kita harus selektif memilih MUA (Make Up Artist) yang sesuai dengan hasil dan harga yang kita inginkan. 

Biasanya MUA mematok harga yang sesuai dengan kualitas alat make up yang mereka gunakan. Kalau di Pekanbaru kisaran 180-350 ribu untuk sekali make up (rekomendasi teman) itu sudah bagus banget. 

Jadi jangan ragu dengan harga yang lumayan tinggi. 

Tapi meskipun begitu, kita harus tetap mengecek dengan bertanya langsung pada MUA-nya, minta beberapa contoh foto hasil make up wisuda, atau biasanya MUA mengarahkan kita untuk melihat feed IG mereka. Jika kita masih ragu dengan foto (karena foto bisa dikasih filter), tanya pendapat teman yang sudah menggunakan jasa MUA tersebut.

Jika sudah fix dengan hasil dan harga make up, silahkan di-booking. Jangan sampai kamu ragu dan akhirnya MUA yang kamu inginkan sudah penuh pesanan. 


 4. Studio Foto

Momen wisuda jadi momen yang spesial dan harus diabadikan. Studio foto bakal banjir rejeki di hari-hari wisuda karena wisudawan dan wisudawati memboyong keluarga mereka untuk berfoto. Kebayang 'kan serunya gimana...

Setiap studio menawarkan paket dan hasil yang beragam. Tergantung kita mau pilih yang mana.

Paket yang tersedia biasanya dipatok dengan harga 80-500 ribu, tergantung pada jumlah pose, jumlah background, jumlah foto yang dicetak, jumlah file foto yang bisa diambil, jumlah orang perpaket dll.

Aku sudah pernah ikut beberapa kali foto grup di studio foto yang berbeda dan menurutku paket dengan harga 200-350 ribu dengan 3-5 pose, 2-3 foto yang dicetak, 1-2 background dengan berbagai angel dan file foto yang bisa diambil semuanya, cocok untuk dipilih sebagai paket foto wisuda.

Studio foto yang bagus bisa cepat penuh pada bulan-bulan wisuda, jadi kita harus booking jauh hari sebelum hari-H, tapi meskipun begitu, kita tidak perlu terburu-buru, tanyakan sedetail mungkin paket yang disediakan studio dan sistem yang mereka terapkan.

Selain itu, cek sosial media mereka dan review dari para costumer.

Jika sudah fix semua, jangan ragu untuk booking.


5. Meminimalkan Biaya

Tak bisa dipungkiri persiapan wisuda memerlukan biaya yang lumayan besar. Dimulai dari persiapan di atas, biaya pelaksanaan wisuda dan yudisium (kalau ada), ongkos keluarga (bagi anak rantau macam saya), kendaraan keluarga menuju tempat pelaksanaan wisuda dan biaya-biaya tak terduga lainnya. Tapi bukan berarti kita tidak bisa menyiasatinya.

Salah satu cara untuk memperkecil biaya pengeluaran saat wisuda adalah dengan membeli kebaya yang sudah jadi ketimbang membeli kain lalu menjahitnya, karena kebaya yang sudah jadi cenderung lebih murah dibandingkan kita membeli kain kemudian ditambah lagi dengan biaya penjahitan.

Untuk yang ingin punya seragam keluarga kita bisa membeli yang sudah jadi sesuai dengan warna kebaya kita. Ada banyak sekali seragam keluarga di pusat-pusat perbelanjaan, bahkan kita dimudahkan dengan toko-toko online yang bisa diakses dimanapun dan yang bersedia mengirim ke seluruh Indonesia dengan biaya yang lebih murah.

Jubah wisuda yang biasanya dibeli atau disewa kita bisa siasati dengan meminjam pada senior atau teman yang sudah duluan wisuda, karena biasanya tidak mungkin ada perubahan pada desain jubah dan selempang wisuda.

Selain itu, untuk heels tidak harus baru, jika kita sudah punya heels yang kebetulan pas dengan kebaya yang akan kita gunakan kenapa harus beli, 'kan?

Untuk make up, jika kita punya keahlian untuk berdandan sendiri dan kita pede dengan hasilnya, kenapa tidak tunjukkan kemampuan kita? Tentu saja dengan ber-make up sendiri dengan alat-alat yang kita punya menjadi pilihan yang worthy untuk dapat memimalkan baiaya yang kita keluarkan. 

If you love to do your make up, show it, Bebs!

Jika membahas uang, quote yang paling kuingat adalah 'no money, no honey' hahaha....

Tidak bisa kita pungkiri bahwa uang bukan segalanya, tapi segalanya butuh uang....

Okkkkeeeeyyyy...

Itu saja untuk hari ini (ini aja udah kepanjangan)...

Jika ada kekurangan atau kesalahan dalam penulisan di atas mohon dimaafkan ya, karena aku belum mengalami bagaimana menjadi wisudawati jadi ini hanya dari sudut pandangku yang masih melakukan persiapan. Jika ada teman-teman yang ingin mengoreksi, silahkaaaan yaaaa....

Kritik dan saran sangat aku butuhkan...

Terima kasih sudah berkunjung bebs and bros...
Terus pantengin WahDays yaaa....
Selamat untuk teman-teman yang sudah sidang dan akan menjadi wisudawan dan wisudawati....
Have a great day...
See you in another day....
Salam.



Comments

  1. Thanks membantu sekali untuk aku calon wisuda wati ini 😉

    ReplyDelete
  2. Alhamdulillah bisa membantu hehehe... btw tq for visiting biaaa...

    ReplyDelete
  3. Kalo kebaya dan makeup biasanya berapa minggu kisarannya sebelum wisuda

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

REMPEYEK KACANG ATAU TERI?

DITELEPON 188? NOMOR APAAN TUH? YUK CARI TAHU!

IKLAN BERHADIAH DARI INDO-OFFERS, PENIPUAN ATAU BETULAN?