TIPS JAGA KESEHATAN SAAT LIBURAN

Assalamu'alaikum bebs and bros... How's your day?

My day..., hmm... Sabtu kelabu. Kenapa?

Aku tulis 'sabtu kelabu' bukan karena hari ini lagi sedih, mumet, pusing, gabut bla.. bla.. bla..., tapi karena hari ini sedang hujan dan cuaca lagi dingin-dinginnya... 

Kalau cuaca dingin gini, paling enak makan/minum yang hangat, kayak mi kuah pakai cabe rawit, pakai telur, pakai sayur dan ditabur bawang goreng renyah... Omy goodness...

(Cieee yang rindu makanan pokoknya di kos...)

Kata orang tua dulu, tiap bulan yang namanya berakhiran 'ber' akan sering terjadi hujan dan kita akan merasa beeerrrrrrrr (kedinginan).

You know what I mean?

Tapi beda dengan sekarang, cuaca lagi labil, kadang panas, dua menit--gak dua menit juga sih, kadang lebih--kemudian hujan. Ini yang terjadi di Sungai Guntung dan aku rasa gak berbeda jauh dengan daerah sekitarnya.



So, kudu banget jaga kesehatan. Jangan sampai di liburan akhir tahun ini kita malah sakit dan gak bisa kemana-mana. Sedih dong, kalau gak bisa ikut keluarga liburan, atau kumpul bareng teman-teman atau yang lebih parah, gak bisa jalan sama muhrim (muhrim loh ya, bukan pacar!)

Meskipun kamu gak punya agenda apapun untuk liburan akhir tahun ini (karena gak ada yang ngajak, kayak aku T_T), bukan berarti kamu boleh cuek sama kesehatanmu sendiri.

Aku punya tips nih buat kamu yang harus bepergian meski cuaca lagi gak menentu.

Ikutin terus ya!

(teng tren teng...ten tren teng--anggap aja suara musik kayak vlog-vlog gitu)




TIPS JAGA KESEHATAN SAAT LIBURAN

1. Buat agenda

Menurutku, bukan hanya kerjaan yang butuh agenda tapi liburan juga loh. Kalau kamu menyusun agenda liburan, kamu pasti tahu apa-apa saja yang kamu butuhkan sesuai dengan agenda tersebut, dengan begitu kamu gak akan terlalu banyak membawa barang, apalagi yang gak diperlukan, jadi tas atau koper kamu gak berat deh, kamu gak akan capek membawanya.

Ini pengalaman pribadi sih, waktu pertama kali pulang kampung, aku membawa ransel dan koper yang beratnya Masya Allah, akhirnya sampai di rumah bukannya happy tapi malah tepar dan banyak baju yang gak dipakai. Tapi sekarang udah gak dong, karena aku sudah menyusun agenda pulkamku (pulkam=liburan).


2. Peka pada keadaan tubuhmu


Gak ke dia aja kamu harus peka, tapi juga ke dirimu sendiri. Kalau kamu merasa ada yang gak beres, mending kamu duduk sejenak, kemudian tenangkan dirimu, tarik napas dari hidung lalu keluarkan lewat mulut ulangi tiga kali dan beristirahat beberapa menit (bagusnya sih tidur, tapi gak apa-apa kalau gak memungkinkan). Jika kamu sudah merasa baikan kamu bisa melanjutkan liburanmu. Tapi kalau kamu benar-benar merasa tidak enak badan, kamu tunda dulu liburanmu sampai kamu merasa benar-benar fit, kalau perlu kamu bisa konsumsi vitamin tablet.

Jangan paksakan dirimu, ya bebs and bros!


3. Sedia payung sebelum hujan

Bukan maksudnya payung beneran ya (payung beneran juga boleh, sih), tapi bekal obat-obatan seperti obat demam, masuk angin, kembung dan sebagainya, apalagi kalau kamu punya penyakit bawaan seperti alergi, harus banget bawa obat alergi kamu.


Gak mau, kan, kalau tiba-tiba kamu sakit saat di perjalanan atau  saat sedang menikmati liburanmu?!


4. Hindari penyebab alergi

Kalau kamu punya alergi, kamu harus waspada sama keadaan sekitarmu, jangan sampai kamu memakan atau terpapar sesuatu yang dapat menyebabkan alergimu kambuh. Kamu juga benar-benar harus selektif sama makananmu. Kamu sebaiknya membawa bekal dari rumah yang sudah jelas aman.


Tapi biasanya orang yang punya alergi sudah punya reaksi spontan terhadap penyebab alerginya, misalnya cepat mengenalinya lewat bau, bentuk dan rasa.

Itu artinya kamu gak boleh lengah sedikitpun sama makanan yang tersaji di depanmu.


5. Berdoa

Apapun kegiatan kamu atau kemanapun kamu pergi, jangan lupa berdoa semoga selalu diridhoi dan dilindungi Allah SWT.


That's all for today (tonight actually)...

Selamat liburan bebs and bros...
Have fun...


Terima kasih sudah berkunjung semoga tips-tips di atas bermanfaat buat kamu yaaa...
Terus pantengin WahDays, akan hadir tips-tips berfaedah berikutnya...
See ya in another day...
Salam...



Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

REMPEYEK KACANG ATAU TERI?

DITELEPON 188? NOMOR APAAN TUH? YUK CARI TAHU!

IKLAN BERHADIAH DARI INDO-OFFERS, PENIPUAN ATAU BETULAN?