BATTLE GEL ANTI JERAWAT YANG ADA DI APOTEK (REVIEW WAHDAYS)



Assalamualaikum bebs n bros…..

Seperti janjiku di postingan review Aloe Vera dari Nature Republic dan Wardah beberapa waktu lalu, hari ini aku membawa review beberapa merk gel jerawat yang pernah aku pakai dan sangat mudah di dapat di apotek-apotek terdekat.

Seperti review sebelumnya, apa yang kutulis disini adalah berdasarkan apa yang aku alami dan itu belum tentu terjadi juga pada kalian, karena beberapa produk dapat memberikan efek yang berbeda disebabkan tipe kulit tiap orang yang tentunya tidak sama.

Tapi, semoga tulisanku ini bisa memberikan gambaran tentang berbagai merk gel jerawat yang umumnya tersedia di apotek (btw, aku punya kulit wajah dengan tipe berminyak yang umumnya sangat mudah disinggahi jerawat).

Berikut reviewnya:


1. Wardah Acne Treatment Gel


Cr: Pusat Kosmetik

Fotonya dari sumber lain ya karena beberapa kemasan  produk yang gak aku pake lagi udah hilang.

Sekitar awal tahun 2014, dimana wajahku yang dulunya normal seketika mulai berminyak dan timbul jerawat. Aku tertarik untuk menggunakan gel anti jerawat yang dikeluarkan brand make up lokal ternama siapa lagi kalau bukan Wardah, bahkan terpikir dulu ingin punya satu set one brand make up dari Wardah semua, tapi yaaah, ternyata gak semuanya cocok, contohnya gel jerawat ini.

Wardah Acne Treatment Gel dikemas dalam tube putih dipadu dengan hijau tosca berisi 15 mL gel berwarna putih sedikit transparan dengan aroma yang tidak menyengat. 

Produk ini mengandung berbagai senyawa kimia yang umum dugunakan dalam kosmetik di antaranya 3 bahan aktif yang diklaim bisa melawan jerawat yaitu Triclosan sebagai antibakteri penyebab jerawat, Salicylic Acid sebagai agen keratolitik yang membantu pengelupasan keratin dan sel kulit mati di permukaan kulit sehingga menyebabkan area kulit pada jerawat jadi kering dan mengelupas, dan yang terakhir adalah Beta Glucan sebagai anti iritasi.

Ketika diaplikasikan ke jerawatku rasanya agak dingin, tidak ada pedih atau gatal, terasa sedikit lebih nyamanlah. Sayangnya, sekitar seminggu aku coba gel jerawat ini tidak memberikan efek sama sekali ke jerawatku, entah aku yang tidak sabaran atau memang tidak ada efeknya. Akhirnya aku berhenti menggunakannya dan pindah ke merk lain.

Aku beri bintang 3 untuk Wardah.

2. Nourish Beauty Care Acne Gel


Cr: Tokopedia

Aku pernah memakai produk ini sekitar tahun 2015 atas saran teman, saat itu aku membelinya dengan harga yang menurutku relatif mahal, yaitu sekitar 40k rupiah di apotek depan kampus.

Nourish Beauty Care Acne Gel di kemas dalam tube kecil berwarna kuning yang berisi 10 mL gel dengan warna kuning pucat dan memiliki aroma yang cukup menyengat.

Produk ini memiliki formula yang mengombinasikan ekstrak herbal dan Salicylic Acid. Bahan herbal yang digunakan di antaranya Minyak Lavender dan ekstrak Aloe Barbandensis yang dipercaya dapat mengurangi jerawat dan ekstrak Humulus lupulus yang membantu mengurangi komedo.

Ketika diaplikasikan ke jerawat kecil akan terasa sedikit pedih sementara ketika diaplikasikan ke jerawat batu relatif tidak terasa apapun.

Efek yang ditimbulkan menurutku cukup baik karena dapat mematangkan jerawat dengan cepat dan juga dapat mengempeskan jerawat dengan waktu yang relatif singkat, sayangnya aku kurang suka dengan efek kering yang ditimbulkan oleh adanya agen keratolitik dari asam salisilat, karena saat jerawatnya sudah matang ataupun kempes, area disekitarnya akan mengelupas dan sangat mengganggu ketika pengaplikasian base make up seperti foundation atau bb cream apalagi jika base make up yang digunakan tidak memiliki covering yang baik, sehingga akan menghasilkan make up yang tidak flawless.

Sebenarnya hal ini bisa diatasi dengan penggunaan moisturizer sebelumnya, namun pada saat itu aku belum menemukan pelembab yang cocok dan aku juga termasuk orang yang malas untuk maskeran atau scrubbing sebelum make up, jadi menurutku efek kering tersebut sangat mengganggu.

Aku beri 4 bintang untuk NBC karena efek keringnya cukup kuat.

3. Acnes Sealing Gel


Cr: Pinterest

Cukup lama aku cuek dengan jerawat yang mulai menguasai wajahku beberapa tahun belakangan karena disibukkan dengan kegiatan kuliah yang sangat padat sampai akhirnya aku selesakan skripsi dan bersiap untuk wisuda, barulah aku sadar kalau jerawatku harus ditindak sebelum wisuda.

Berbekal pengalaman dengan dua brand sebelumnya, aku memilih brand lain yang punya review cukup bagus dari blog-blog yang aku baca, yaitu Acnes. Saat itu aku beli di Pekanbaru dengan harga yang sangat murah yaitu 18k rupiah untuk ukuran 9 gram.

Acnes mengeluarkan produk-produk yang memang fokus pada perawatan kulit berjerawat dan salah satunya adalah gel anti jerawat yang berwarna kuning pucat dan beraroma Sulfur cukup tajam, gelnya lebih cair dibandingkan dua brand sebelumnya.

Bahan-bahan aktif yang ada di produk ini di antaranya Isoprophyl Methyl Phenol yang membantu melawan bakteri penyebab jerawat, Stearyl Glycyrrhetinate yang berfungsi menyejukkan kemerahan pada bagian kulit jerawat, Sulfur dan Salicylic Acid yang membantu mengangkat sel kulit mati dan menjaga tekstur kulit, serta Vitamin E & B6 sebagai antioksidan dan menjaga kesehatan serta kelembutan kulit.

Ketika produk ini diaplikasikan ke jerawat, relatif tidak terasa apapun seperti pedih ataupun gatal. Untuk efeknya cukup bagus di wajahku karena bisa mematangkan jerawat kecil hanya dalam waktu semalam, mengempeskan jerawat batu dalam waktu yang relatif singkat, dan sama seperti merk sebelumnya, produk ini juga menimbulkan efek kering pada sekitar area kulit jerawat karena adanya agen keratolitic dan untungnya sekarang aku sudah menemukan pelembab yang kusuka yaitu aloe vera gel dari Nature Republic, kalian juga bisa baca reviewnya di Review Pemakaian Nature Republic Aloe Vera 92% Soothing Gel dan Wardah Hydrating Aloe Vera Gel (Versi WahDays)

Aku beri bintang 4 untuk Acnes karena aromanya yang juga agak mengganggu.

4. Verile Acne Gel


Aku pakai sampe tube-nya kering kerontang gitu, bentar lagi aku bedah tuh terus korek-korek isinya sampe bener-bener habis kadang jari jadi luka karena pinggiran tube bagian dalamnya tajam.
Ini aku kasih penampakannnya yang masih berisi.
Cr: Tokopedia

Akhirnya aku beralih ke Verile, saat itu aku beli pertama kali dengan harga 20k rupiah dengan ukuran 10 g. Gel jerawat ini dikemas dalam tube dengan dominasi warna putih berisi gel kental transparan yang memiliki aroma yang cukup tajam. Tapi terakhir kali aku beli, ada yang berbeda dari boxnya, ada logo TOP BRAND dan setelah aku coba aplikasikan ke jerawat, aromanya jauh lebih tipis dan sama sekali tidak mengganggu.

Bahan-bahan aktif pada produk ini antara lain adalah Salicylic Acid dan Triclosan dengan fungsi yang sama dengan bahan aktif yang ada dalam produk sebelumnya, Boric Acid yang berfungsi sebagai anti bakteri dan jamur ringan yang mampu terserap kebagian kulit terdalam dan dapat membasmi bakteri penyebab jerawat yang berada di bawah kulit atau yang biasa kita sebut jerawat batu, selanjutnya ada Allantonin yang berfungsi merangsang pembentukan jaringan kulit baru dan Niacinamide yang membantu memudarkan noda hitam bekas jerawat.

Saat diaplikasikan, area jerawat terasa dingin dan nyaman, tidak ada rasa pedih atau gatal, dan efek keringnya hampir tidak ada meskipun ada asam salisilat yang mungkin dengan konsentrasi yang lebih kecil dibandingkan produk-produk sebelumnya, sayangnya jika diaplikasikan terlalu banyak akan terasa sedikit panas, ya karena memang sesuatu yang berlebihan itu tidak baik.

Yang perlu diperhatikan juga jangan mengaplikasikannya pada jerawat yang sudah pecah dan terbuka karena akan terasa sangat pedih, sehingga sebaiknya jerawat yang sudah pecah dibiarkan saja atau bisa dikompres es batu agar tidak berbekas (meskipun kadang aku bandel sih, biasanya kan malas ambil es batu, biar cepat hilang bekasnya aku suka kasih gel jerawat ini jadinya perih gak ketulungan sampai aku harus berdiri di depan kipas angin agar terasa lebih dingin dan rasa pedihnya tertutupi).

Efek yang diberikan gel ini cukup bagus di wajahku, jerawat matang dalam waktu semalam, dan bisa mengempeskan jerawat batu sampai benar-benar rata dengan kulit meskipun agak lama sih tapi efektif karena ada si asam borat.

Aku beri bintang 5 untuk Verile dan pastinya aku tidak akan ragu untuk menggunakannya lagi jika jerawat sedang meradang.

Itu dia battle gel anti jerawat di wajahku dan pemenangnya adalah Verile dengan nilai sempurna.

Kalau kalian punya pengalaman yang sama atau jika ada koreksi silahkan dikomen.

Semoga tulisanku ini bermanfaat untuk kalian bebs & bros semua….

Semoga hari kalian selalu Wah…

Salam.

Comments

Popular posts from this blog

REMPEYEK KACANG ATAU TERI?

DITELEPON 188? NOMOR APAAN TUH? YUK CARI TAHU!

IKLAN BERHADIAH DARI INDO-OFFERS, PENIPUAN ATAU BETULAN?